Jumat, 07 Desember 2012

Terbang dengan karpet ajaib di luar angkasa

Bukan Aladin saja yang bisa menggunakan karpet terbang, cerita dongeng tersebut kini bisa diwujudkan oleh astronot Jepang, Koichi Wakata. Bahkan, karpet terbang Wakata bisa digunakan di luar angkasa.
Wakata melakukan beragam eksperimen sederhana di luar angkasa seperti melipat pakaian dan menggunakan obat tetes mata. Tentunya mudah jika kegiatan itu dilakukan di bumi. Namun dengan kondisi luar angkasa yang tak bergravitasi, kegiatan itu menjadi tantangan bagi Wakata untuk melakukannya.


Telegraph, Rabu (20/5/2009) melansir, selain melipat pakaian dan menggunakan obat tetes mata, Wakata mencoba berdiri di atas selembar kain sebelum kain itu tergulung masuk ke kabin pesawat luar angkasa milik International Space Station (ISS).

Eksperimen ini dipublikasikan dalam bentuk video yang diposting oleh Japan Aerospace Exploration Agency (Jaxa).

“Akhirnya saya bisa merasakan terbang dengan karpet ajaib. Hal ini menjadi mungkin dengan memanfaatkan pita adhesive sehingga telapak kaki saya bisa berdiri tegak di atas karpet itu,” ujar astronot berusia 45 tahun itu.


Eksperimen yang dilakukan Wakata ini salah satu tantangan yang diberikan oleh masyarakat Jepang. Ide tantangan datang dari mulai siswa sekolah hingga orang lanjut usia. Agen penerbangan luar angkasa telah memilih 16 ide terbaik yang menjadi tantangan bagi para astronot untuk bisa dilakukan di tempat yang tidak bergravitasi tersebut.

Wakata melakukan eksperimen ini di laboratorium uji coba penerbangan luar angkasa Jepang, di ISS pada 15 Maret silam. Rencananya pada April ini Wakata akan melakukan tantangan lainnya, termasuk push up di luar angkasa.

sumber : artikel astronomi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar